Sambal Kecombrang

DSCN3770

Adakah sahabat semua yang belum pernah melihat wujud bunga kecombrang? Tanaman ini memang tidak tumbuh di banyak tempat, sehingga yang mengetahui wujudnya pun hanya sedikit. Bahkan ada pula yang tidak tau bahwa bunga yang wangi ini enak sekali saat dimasak. Dicampurkan ke dalam megono maupun lodeh syedaaappp….

bunga kecombrang
bunga kecombrang

Nah kali ini saya sedang ingin bereksperimen bersama kecombrang (disingkat menjadi combrang). Bunga combrang mentah ini saya uleg bersama dengan sambal terasi matang.

Tadinya nggak ngira banget kalau rasanya bakalan syedap berkezab-kezab giniiii… Rada pesimis saat utinya anak-anak memberitahu bahwa sambal combrang itu layak dicoba.

Ya, hanya bawang merah, bawang putih, cabe merah dan terasi yang ditumis dengan sedikit minyak hingga agak layu, kemudian diuleg bersamaan dengan bunga combrang yang sudah diiris kecil-kecil, sedikit gula jawa dan garam. Hmmm.. kriyuk-kriyuknya bunga combrang ini bikin mata merem melek gak brenti brentiiii *makan apa kelilipan πŸ˜€

Sambal combrang ini saya makan untuk menemani nasi hangat, tempe goreng dan oseng-oseng kenci (selada air).

Oseng-oseng Selada Air
Oseng-oseng Selada Air

Mau tau rasanya?? Kata Upin Ipin sih : syedapnyeeeeeeee πŸ˜‰

DSCN3773

 

Advertisements

10 thoughts on “Sambal Kecombrang

  1. Dini

    Waah, kalau dilihat dari fotonya sih enak tuh. Jadi pengen nih. πŸ˜€

    nggak cuma dari foto, rasanya mmg enak bingiiiitt

  2. diahdwiarti

    jadi ingat kereta api. nyampe purwokerto njuk peceeel peceeel pk combrang.

    wah, perlu diinspect nih Purwokerto ada pecel yg pake combrang, yummiiiii

hayuukk icip-icip dulu via komen ya :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s