Bugis Kranjang

Gong Xi Fat Choi…. bener nggak ya ini nulisnya πŸ˜‰Β  Selamat merayakan Imlek ya buat yang ngerayain.

kk05Rejeki banget nih pas malam Imlek dapet kue kranjang dari banyak orang. Mulai dari tetangga sampai teman sejawat. Macem-macem nih kue kranjangnya, dari berbagai merk dan warna.

Tapi kalau harus menghabiskan kue manis ini tanpa diolah / dimasak, rasanya ya semlengeren nih. Maaf, terjemahan semlengeran rada susah nih padanannya πŸ˜€Β  Puter akal nih gimana caranya kue kranjangnya laris dimakan sekeluarga.

Akhirnya pakai menu andalan dari ibunda tersayang. Kusebut saja kue Bugis Kranjang ya karena aku kurang tau sebenarnya penganan ini apa namanya. Gampang banget loohh…Β  Berikut ini kutunjukkan via gambar saja, nggak bisa nulis resep soalnya πŸ˜‰

kk01Aku menggunakan 3 buah kue kranjang, kebetulan pas dapetnya warna-warni seperti ini, jadi nanti kalau dipotong dan digabungin dalam satu bungkus sip banget komposisinya.

Bahan lainnya adalah santan kental sesuai selera. Berhubung hari ini hujan deras dan aku tidak punya stok kelapa parut, aku cuma pakai santan siap saji itu. Santan direbus sebentar, jangan lupa diberi garam sedikit dan potongan daun pandan biar beraroma wangi.Β  kk02

Sisa daun pandan lainnya dipotong-potong untuk diletakkan pada masing-masing bungkus Bugis Kranjang.

Langkah berikutnya adalah potong-potong kue kranjangnya seperti ini :

kk06

Tata di atas daun pisang dan beri 2 potong daun pandan yang sudah disiapkan sebelumnya tadi :

kk07

Beri satu sendok sayur santan matang.

kk08

kk10Bungkus daun pisangnya dan sematkan dengan lidi. Kalau di desa macam tempat tinggalku masih gampang banget untuk mendapatkan daun pisang. Di halaman belakang rumah banyak tuuuuh pohon pisang πŸ˜‰Β  Kalau lidinya cabut aja dari tebah (sapu untuk membersihkan kasur itu lhoooo πŸ˜‰ )Β  Selanjutnya kukus selama 30 menit.

Voilaaaa….jadi deh. Bugis Kranjang siap dinikmati. Mana hujan dingin-dingin begini, pas banget disantap hangat-hangat. Nggak tau kenapa ya, setiap pas Imlek kok pasti hujan sepanjang hari.

kk11

Gampang banget kaaan membuat Bugis Kranjang. Aku yang gak bisa masak aja sanggup bikinnya lhoooo…. Ada banyak cara untuk mengolah kue kranjang sih. Digoreng pake kocokan telur bisa, digoreng sambil dicepitin di antara 2 keping ketela rambat juga bisa, dimakan gitu aja pake parutan kelapa pun jadi. Nah kalau yang model Bugis Kranjang gini jadi kayak Kue Mendut kan ?

Selamat mencoba….

Advertisements

8 thoughts on “Bugis Kranjang

  1. Hhmmm kebayang gurih dan manisnya deh mbak Uniek….

    Untung disini mah masih belum malam sekali, jd masih bisa cari cemilan, biar ngga kebayang2 olahan dodolnya itu jehe

    Mbak Uniek, punya bbrp blog di WP ya mbak… ko saya baru ngeh dan ngga nginti-ngintil mbak Uniek yaa… 😩😩

    Ayo, Teh Wie, bikin juga. Klo di sana ada yg bagi2 kue kranjang juga kah?
    Halah gak usah diintili, Teh… blog saya isinya ga karu2an semua hihiii…gaya pisan punya blog bbrp tp lumutan semua πŸ˜€

  2. Huaaa postingan ini bikin ngiler. Jadi kue keranjang itu lembut ya? kukira padet kayak dodol.

    Lho ternyata Mas Yayan blm pernah nyobain kue kranjang to? ya mirip2 dodol sih mas, cuma kan manisnya ga pekat banget.

hayuukk icip-icip dulu via komen ya :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s