#CurhatanRasa : Nugget Tahu Koepoe Koepoe

#CurhatanRasa Ibu Galau

Biasanya kalau ada orang galau dan sibuk bertanya kesana kemari tapi aslinya dia nggak butuh jawaban, kira-kira kalimat apa yang pas buat dia?

“Tanyalah pada rumput yang bergoyang.”

Kenapa selalu rumput sih? Kenapa enggak Koepoe Koepoe ajah? Apakah karena rumput lebih pantas diganjar dengan pertanyaan-pertanyaan galau? Well…. kayaknya ini yang nulis juga pantes dicumbu rumput yak πŸ˜‰

Sebenarnya aku punya #CurhatanRasa yang sudah lama terpendam. Saat memandangi si bungsu yang lahap banget sarapan, banyak rasa yang tumpang tindih di sanubari seorang ibu macam diriku.

telur dan lada putih koepe koepoe

Apa pasal ada #CurhatanRasa gegara sarapan? Kira-kira kalau dari foto di atas tadi tau nggak sumber galauku?

Iyuuuhh… si kecil maunya hanya sarapan telur ayam kampung rebus yang ditaburi sedikit garam dan lada putih Koepoe Koepoe. Gizinya memang bagus tuh, sesuai anjuran dokter yang melihat riwayat medis anakku. Jagoan kecilku ini memang harus banyak makan yang mengandung protein. Salah satunya ya telur ayam kampung tadi.

Tapi mosok sih dek kamu maunya cuma itu saja? Gak pengin apa jelajah rasa ke menu yang lain?

Emang ibu bisa masak apa?

Jleb jleeebb jleeebb….. Nancep banget deh pertanyaan itu yang terlontar dari mulut Vivi, kakak dari si ganteng yang ada di foto tadi. Ngeceeee alias menghina deh πŸ˜‰Β  Ya walaupun ibunya ga bisa masak tapi mosok segitu teganya ih dikau menghina ibumu dengan telak begitu Nduk?

Merasa tertantang oleh ucapan anak wedok tadi, sekuat tekad aku berusaha memutar akal untuk membuat makanan bergizi yang belum pernah dirasakan oleh anak-anakku sebelumnya. Browsing sana sini dan tanya ke teman-teman yang ahli masak, terlontar lah satu ide di kepalaku. Ahaaaa….

ahaaaa

Jelajah Rasa dan Jelajah Ide

Sadar akan kemampuan memasakku yang jauh di bawah rata-rata, aku tidak begitu tinggi meletakkan ekspektasi atas jenis masakan yang akan kubuktikan kepada anak-anakku. Meskipun lebih banyak membeli lauk untuk mereka, sebenarnya aku bisa memasak yang bergizi juga loh #CurhatanRasa *sambil menatap rumput yang gak bisa goyang

Melalui permenungan dan pertimbangan masak-masak, jatuhlah pilihanku pada lauk yang biasanya digemari anak-anak. Nugget. Yaaaa… anak kecil mana sih yang tidak doyan makanan yang satu ini. Kadang-kadang di lemari es kusediakan juga nugget boleh beli di supermarket. Tapi terlalu mainstream kan ya kalau nugget jenis begitu.

nugget tahu

Nugget tahu… why not? Selain bahan-bahannya mudah didapat, kandungan gizinya sangat baik untuk disajikan bagi anak-anakku. Di sini aku bukannya mau nulis resep Nugget Tahu lho yaaa…. maaf maaf bukan tukang masak soalnya. Bahan dan bumbu pakai kira-kira saja.

Tadinya aku dapet resep yang lumayan njelimet untuk bikin nugget tahu ini. Jadi selain adonan nuggetnya, ada 2 macam adonan tepung untuk pencelup dan pelapis. Pencelup itu campuran aneka tepung plus susu bubuk plus soda kue plus lain-lainnya yang bikin pusing tujuh keliling gimana ntar kalau malah bleber masakanku kemana-mana. “Agar adonan nuggetmu aman dan enggak gampang ambrol.” Gitu sih saran temanku.

Tapi ketabahan orang kan ada batasnya yak? *apa hubungannyaaaa….

Berhubung ketabahan memasakku sangat rendah plus punya hobi suka cari jalan pintas, akhirnya kupakai juga resep termudah dan sepertinya anti gagal. Sepertinya siiihh…. kalau belum dicoba bakalan tidak tau kan ya itu anti gagal bener apa tidak? πŸ˜€ πŸ˜€

Mari Memasak Nugget Tahu

vivi melumatkan tahu2Gara-gara ditantangin si sulung masak, hayuuuk aja deh. Let’s cook…yihaaaaa… Nah, karena si Kakak yang mengajak ‘duel’, dia juga yang harus bertanggung jawab atas pelaksanaan memasak nugget tahu itu. Hihihiii… rasain… *ibu durhaka

Untungnya Kakak memang suka bantuin masak, jadi dia tidak tau sebetulnya modus ibunya πŸ˜€ Dengan serius dan bersemangat dia ikut melumatkan tahu yang menjadi bahan utama nugget ini.

Bahan-bahannya cukup mudah kok, tinggal beli di tukang sayur ada semua. Tahu, bawang, telur dan wortel. Itu bahan utamanya. Kalau ingin ditambah ingridient lainnya juga bisa, seperti kornet, daging giling, daun bawang, ataupun lainnya sesuai selera. Asalkan jangan yang memiliki massa cukup berat, karena nanti tahunya tak akan kuat menanggung beban πŸ˜€

Adapun untuk pelapisnya, kocok 2 butir telur dan sediakan tepung roti (warna putih) secukupnya. Tepung roti dengan tekstur yang lebih kasar dari tepung roti warna coklat (untuk memasak risol) ini dapat dibeli di mini market terdekat.

Langkah pertama, lumatkan tahunya dulu. Mau pakai apa saja bisa lah. Biar gampang, tahu sebungkus (isi 6 biji) ini setelah kucuci bersih, kuletakkan di dalam mangkok plastik. Cukup haluskan dengan ulegan kayu. Nggak susah dan nggak ribet. Palingan ribet mungutin serpihan tahunya yang muncrat kemana-mana gara-gara Kakak emosi diriweuhin adiknya πŸ˜‰

vivi dan faris melumatkan tahu

Adek keukeuh banget ingin mbantuin, sedangkan Kakak juga gak mau ngalah. “Ntar lama dan kacau Bu kalau Adek ikutan,” begitu kata Kakak.

faris melumatkan tahuDaripada ribut berkepanjangan, kuambillah satu mangkok tambahan dan kuletakan sebuah tahu di dalamnya. Cukup diberi sendok dan bilang “tahunya ditekan-tekan ya Dek biar halus kayak punya kakak itu” beres sudah urusan. Nggak jadi perang tahu deeehh….

Iya sih nggak jadi perang, tapi nasib tahunya jadi penuh dera dan siksa. Si tahu terpaksa menjalani jelajah rasa yang penuh cobaan karena malah dibuat mainan oleh Adek. Bukannya halus malah jadi tak karuan tuh bentuknya πŸ˜€Β  Ya sudah kutunggu saja jagoanku ini bosan dan capek. Ntar juga bakalan berhenti sendiri.

Nugget Tahu Koepoe Koepoe

campuran wortel dalam nugget tahuSetelah masa bermain dengan tahu berakhir, barulah episode masak sebenarnya dimulai. Tahu yang sudah dihancurkan tadi dicampur dengan wortel yang telah diiris kotak-kotak halus. Tambahkan telur sesuai selera. Di sini aku hanya menambahkan satu butir telur saja agar adonan tak terlalu berbuih nanti saat dikukus.

Uleg tiga siung bawang putih, garam dan gula secukupnya. Bumbu halus ini nantinya akan dicampurkan juga dengan adonan tahu-wortel tadi.

lada putih untuk nugget tahu
tambahkan lada putih Koepoe Koepoe ke dalam adonan tahu

Jangan lupa, tambahkan pula lada putih Koepoe Koepoe ke dalam adonan nugget yang sedang dibuat tadi. Lada putih merk Koepoe Koepoe ini rasa lada / mericanya nendang banget. Tambahkan saja secukupnya agar adonan tidak terlalu pedas rasanya.

Setelah adonan tercampur rata, kukus selama 20 menit. Apabila sudang matang, diamkan sejenak sampai adonan menjadi dingin dan teksturnya padat. Kalau masih panas kan lembek tuh adonannya. Jangan buru-buru dieksekusi yaaaaa…

proses dibalur tepung rotiSaat adonan sudah dingin (dingin alami, bukan dimasukkan ke lemari es) dan ditekan-tekan sudah tidak mblenyek, itu berarti adonan tahunya sudah siap untuk dipotong-potong sesuai selera. Yang gampang ya potong saja memanjang seperti nugget berbentuk stick itu. Setelah dipotong, celupkan ke kocokan telur, lanjutkan ke tepung roti.

Setelah semua potongan nugget terbalut sempurna, masukkan dulu ke lemari es hingga nugget mengeras. Tapi belum sampai nugget keras beneran, anak-anak sudah tidak sabar untuk menikmatinya. Okelah kalau begitu, waktunya menggoreeeeenggg….

vivi dan nugget tahu 01
nugget tahu setengah jadi
vivi menggoreng nugget tahu
uhuuyy… Kakak keren…Β  pinter nggoreng nugget tahu nih

Untuk acara goreng-menggoreng ini, terpaksa si Adek dijauhkan terlebih dahulu. Bahaya juga soalnya kalau terlalu dekat dengan kompor dan minyak panas. Adek kalau bercanda suka rada brutal, takutnya si Kakak ngebales. Padahal lagi pegang sutil panas kaaaan… Jadi untuk sesi ini Adek cuti dulu yaaaa…

Taraaaa…. inilah Nugget Tahu Koepoe Koepoe karya ibu, Kakak dan Adek…

vivi dan faris menikmati nugget tahu

Nggak pake lama nugget tahu tadi amblas dimakan mereka berdua. Seneeeengg banget deh akhirnya ibu yang gaptek masak ini bisa juga nyenengin anak-anaknya. Kakak dan Adek excited banget karena mereka memang belum pernah makan nugget tahu.

Ibu pinter banget deeehh bisa bikin nugget tahu

Ya iyalaahh… ibuuuuu… makanya jangan menghina dulu πŸ˜€Β  Asyiknya, malam itu kami semua ngemil nugget tahu sambil membahas ulang keseruan masak bersama tadi.

nugget tahu moist di dalam

Nugget tahu ini unik sekali, meskipun setelah digoreng bagian luarnya kriyuk dan renyah, bagian dalamnya masih tetap lembut. Kesannya jadi kayak perkedel tahu yang dibalut panir gitu.

Persediaan nugget tahu yang semula direncanakan bisa bertahan 2 hari ternyata tidak sesuai perkiraan. Sekali gebrak nugget tahu sudah sebagian besar berpindah ke perut dua anak yang lucu menggemaskan tadi. Hanya tersisa sedikit untuk sarapan esok paginya.

vivi menyantap nugget tahu
Kakak sarapan nasi goreng bakso pake lauk Nugget Tahu

Kriyuuukksss… Alhamdulillah, Kakak masih bisa sarapan nasi goreng bakso dengan lauk nugget tahu. Have a nice time ya Nduk… selamat belajar di sekolah πŸ™‚

Advertisements

26 thoughts on “#CurhatanRasa : Nugget Tahu Koepoe Koepoe

  1. ya ampun, copy paste banget ya wajahnya si gadis..hihi

    Dek dekk..tante minta dong nuggetnya πŸ˜€

    *dimana2 tukang palak makanan.

    Siniii siniiii tante Melly…mam mam bareng yuuukkk

  2. Nyontek resepnyaaaa.. Heuheuuu, tapi lada putih ku abis, adanya lada hitam dr Koepoe-koepoe jg niih d rmh, gpp kali yaa

    Bisa koq pake lada hitam, sensasi rasanya ntar kan asyik tuh. Ayo mamas dan kakak bikin juga yaaa…

  3. Serius aku mau cobain ini resepnya.. Buat fingerfoodnya Jiwo. Makasiiiih πŸ˜€

    *borong cap koepoe koepoe*

    assseeeggg… selamat mencoba ya Jiwo :*

  4. Viviiiii mau sampai kapan kamu nggak tahu kalau ibumu itu antagonis sekaliiiiiih. Besok2 kalau disuruh masak lagi jangan mau, ya. Keenakan itu ibumu. :p

    Wuenak’eee bikin nugget tahu tinggal hancurin doang. Hahaha. Iya, ini komentar orang yang sirik. Yang kalo mau makan tahu kudu bikin sendiri dulu. Wkwkwkkwkw.

    Ooooo harus bikin sendiri ya? kesian kesian kesiiiiaaann….
    Klo susah tahunya, ganti dengan bahan lain bisa juga Deksul.

  5. Mbak uniek akhire bisa masaaaaakkkk pake koepoe2 … Tak contek ya resepe…aku belum pernah ini bikin nugget tahu…lahap pasti maemnya
    :*

    Iya Cha, buat Raffi tinggal disesuaiin aja kesukaannya dia apa, ntar tambahin ke tahunya.

  6. ini kayak liat mbak Uniek dalam versi kecil ya? copas banget mukanya ;D
    Btw, aku catet resepnya ya.. kali aja ada waktu buat eksekusi sama kakak πŸ™‚

    Klo Mb Waya mah masak beginian gampang banget yaaaa… dirimu kan pinter masak mba. Untukku ini sudah luar biasa sekaleeee πŸ˜€

  7. Aih kalian kompak – kompak deh…senang liatnya. Siapa dulu dong ibunya….hebat dan keren deh. Bagi dong tahunya….

    Mba Ade keliatan banget mau menghibur ibunya deh ini πŸ˜€

  8. Aku baru sekali bikin nugget sendiri, tapi nugget ayam. Kalo nugget tahu belum pernah, kapan-kapan mau nyoba buat ah. Nugget memang enak buat sarapan anak-anak sebelum sekolah ya πŸ™‚

    lebih gampang ini mba dibandingin yg nugget pake daging sapi / ayam gituh

  9. tahu harus banget dibikin nugget? goreng aja terus kecapin kelar. *PEMALAAASSSS* LOL tapi nanti coba ah kalau sempet XD

    Icha, tunggulah hingga masamu tiba, manakala anak2mu sdh bisa rekues ini dan itu macam malaikat2ku ituh πŸ˜‰ Kecap tak akan lagi bisa menolongmu mengatasi situasi pelik begini *lebayyyyy

  10. Uwaaaaaa yummooooo……
    Aku juga pernah bikin yg mirip begini tapi tak campurin udang cincang mbak terus digoreng satu2 kya bakwan gtu..jadi bakwan tahu deh…
    Baru nyadar semenjak pindah semarang jaraang bgt masak 😦

    mbok sing sregep masak ngono loh dekmun, ben koyoookk….koyoookk… dudu koyok aq sing jelas πŸ˜€

  11. Maaak.. itu anak wedoknya mirip bangeeet… sampe mikir, ini anaknya atau emaknya? Tapi kalo emaknya kok muda beneer.. πŸ˜€ Resep nuggetnya boleh nih dicontek.

    Iya Mba, kami memang seperti pinang dibelah dengan kapak. Berkeping2 pas bagianku hehehee…
    Silakan lho mba, nugget tahunya hayuuuk dibuat πŸ˜‰

  12. sweety

    Hmmm… bagus nih resepnya buat suami yang penggemar tahu bingits…
    Jadi tahu deh dia kalau saya harus buatin nugget tahu juga karena baca postingan ini, hehehehe

    ciyee ciyeee yg mau masakin buat suami
    πŸ˜‰

hayuukk icip-icip dulu via komen ya :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s